AppsFlyer SEA H2 2020 Recap - Indonesia | AppsFlyer
H2 2020 Indonesia Recap

AppsFlyer SEA H2 2020 Recap – Indonesia

 

Transcript

 

Halo semuanya

Selamat datang di recap 2020

Nama saya Sylvia dan saya adalah CSM AppsFlyer untuk market Indonesia

Hari ini saya ingin berbagi dengan Anda gambaran umum mobile tren 2020 untuk Indonesia dan memberi Anda beberapa rekomendasi tentang cara mempersiapkan diri untuk tahun 2021

Indonesia latest mobile insights

Pada paruh kedua tahun 2020, aplikasi di Indonesia telah melihat tren pertumbuhan install yang sangat berbeda. Edukasi dan Games, misalnya, mereka mulai kuat di Q3 untuk UA, tetapi setelah itu mengalami penurunan dalam pertumbuhan menjelang akhir.

Sebaliknya, pada Shopping terlihat pertumbuhan yang lebih kuat pada install mulai dari bulan September, saat pengguna bersiap menghadapi hari-hari Belanja yang besar di musim gugur.

Aplikasi finance, yang mengalami salah satu pertumbuhan terkuat tahun ini, telah menstabilkan lintasan pertumbuhannya menuju Q4, bersama dengan aplikasi entertainment.

Dalam kualitas pemasangan aplikasi, data retensi terbaru menunjukkan Pemasangan aplikasi berbasis iOS di Indonesia mengalami tingkat retensi rata-rata yang lebih tinggi, di seluruh vertikal, untuk Hari 1 dan Hari ke-30.

Khususnya, Games dan Shopping dikonfirmasi sebagai kategori dengan retensi keseluruhan tertinggi, sedangkan health and fitness di iOS paling rendah. Hal mengejutkan terlihat pada travel sektor, sektor ini masih mampu mempertahankan pengguna Android jauh lebih efektif dibanding industri lain, meskipun retensi Hari 1 lebih rendah.

Remarketing telah menjadi bagian dari sebagian besar kategori aplikasi untuk meningkatkan retensi, meskipun tidak dengan cara yang homogen. Entertainment dan Finance ternyata masih kurang memanfaatkan fitur tersebut.

Terakhir, kami ingin memberikan sekilas gambaran tentang tingkat mobile fraud antara Q3 dan Q4. Karena fraudster mengikuti pergerakkan uang, tidak mengherankan bahwa trafik Finance masih paling terpengaruh, mengingat pertumbuhan basis pengguna yang kuat pada tahun 2020.

Gaming menegaskan kemampuannya untuk membedakan iklan mobile fraud pada data terbaru kami, juga berkat solusi khusus AppsFlyer, serupa dengan sektor Shopping.

Tentu saja, Fraud itu datangnya secara bergelombang, tergantung pada metode baru yang ditemukan fraudster untuk meniru trafik Anda dan mencuri anggaran iklan Anda yang berharga, jadi penting bagi marketers untuk tidak menurunkan kewaspadaan mereka dan mencari solusi perlindungan dari fraud yang terbukti.

Rekomendasi 2021

Seperti yang kita lihat, terdapat konsolidasi tren yang berbeda, di mana mobile marketers di Indonesia dapat belajar dari persiapan untuk tahun 2021:

  • Ketergantungan pada remarketing dan analisis inkrementitas sebagai alat untuk menarik kembali para pengguna, terutama dalam kategori yang, jika kita lihat konteks saat ini, ada kebutuhan akan kualitas install daripada kuantitas.

  • Marketers akan membutuhkan perlindungan Mobile Ad Fraud dan pemilihan chanel advertising yang tepat. Apa pun industri atau geografisnya, semakin banyak upaya UA berbayar yang diinvestasikan oleh aplikasi Anda, semakin tinggi eksposur keuangan Anda (dalam kehilangan anggaran) karena fraud. Pastikan untuk dilindungi sejak awal kampanye akuisisi Anda dan untuk memilih sumber media yang diketahui menyediakan fraud trafik yang rendah.

  • Penting untuk mengatribusi dan mengukur perilaku pelanggan yang terus berkembang, yang telah mengalami pergeseran tertentu tahun ini di Indonesia. Anda harus memastikan bahwa seluruh perjalanan pelanggan terlihat jelas oleh Anda, terutama perjalanan web-ke-aplikasi, sehingga Anda dapat mencatat perubahan dan berinvestasi di chanel yang tepat pada tahap yang tepat.

  • Yang terakhir, perubahan IDFA iOS14 akan segera diberlakukan, namun menurut survei yang baru-baru ini kami luncurkan dengan MMA menemukan bahwa lebih dari 40% marketers masih tidak yakin tentang apa arti iOS14 bagi bisnis mobile mereka. Apakah tim Anda mengetahui semua implikasi yang akan terjadi setelah perubahan ini, baik bagi marketers maupun product manager? Apakah Anda mengetahui atribusi probabilistik SKAdNetwork dan AppsFlyer?

Tentu saja, AppsFlyer memiliki sumber daya untuk membantu Anda menjelajahi landscape saat ini dan kedepannya, kami menawarkan beberapa solusi untuk setiap tantangan app marketers, gratis dan premium. Jangan ragu untuk menghubungi kami untuk mengetahui lebih lanjut!

Terima kasih banyak telah menonton dan jangan ragu untuk menghubungi jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut!

Kami berharap Anda semua tetap aman dan sehat, all the best!